Anda pemilik produk? Ingin mempromosikan produk Anda ke seluruh Indonesia?
Sudah menggunakan media berbayar seperti google adwords tapi hasil belum maksimal?
Banyak
para pelaku bisnis online yang sudah membuang banyak uang untuk
beriklan di google adwords tapi tidak menghasilkan apa-apa, mereka malah
rugi.
Hal itu disebabkan karena mereka memasang atau menulis
iklan di google adwords tanpa mengetahui trik atau caranya yang efektif
dan efisien.
Dengan mengetahui beberapa hal yang bisa membawa
pengaruh besar terhadap sebuah iklan, maka anda sudah menghemat biaya,
waktu dan tenaga.
Berikut ini ada 11 tips sukses yang sudah saya
praktekkan sampai hari ini dalam menulis iklan untuk google adwords yang
bisa Anda coba :
1. Pilih target yang tepat
Untuk memilih target yang tepat pilih bahasa dan negara dimana iklan tersebut ditayangkan.
Jangan
memilih semua bahasa dan negara karena belum tentu produk/jasa yang
anda tawarkan tidak diterima/kurang familiar di negara tersebut.
Contoh : Anda jualan resep ayam kampung, targetlah negara Indonesia dengan bahasa Indonesia daripada menjualnya ke luar negeri.
Terkecuali,
jika Anda memiliki produk yang telah siap dijual ke luar negeri dan
sasaran negara tujuan ekspor Anda adalah misalnya malaysia, brunei maka
Anda harus memilih 2 negara tersebut ketika melalukan set up pemilihan
negara tujuan pada iklan google adwords.
2. Pemakaian Kata Kunci
Gunakan
tanda “[ ]” untuk tiap kata kunci yang kita targetkan ketika memasang
iklan di google adwords. Misalnya [movie] [movie online]. Iklan akan
tampil untuk pencarian kata kunci yang tertulis di dalam tanda [ ].
Sebaliknya, iklan tidak akan tampil untuk pencarian kata kunci lain selain yang di dalam tanda kurung tersebut.
3. Lakukan tes untuk 2 iklan secara bersamaan
Dalam
1 produk campaign di google adwords, buat 2 iklan yang berbeda yang
terkait dengan produk yang Anda jual. Lalu lihat yang mana yang
menghasilkan CTR (click through ratio) tinggi.
Lalu ganti iklan
yang tidak menghasilkan dengan yang baru. Bisa juga Anda DELET iklan
yang tidak menghasilkan CTR yang bagus. Lakukan hal ini sampai mendapat
CTR yang tertinggi dan iklan Anda bisa berjalan dengan bagus.
4. Lacak the ROI (return-on-investment) dari tiap iklan
Google
adwords melacak CTR dari tiap iklan tapi tidak melacak rasio konversi.
Gunakan link trackerk khusus. Pastikan tiap iklan menghasilkan ROI. Atau
Anda bisa juga menggunakan tools konversi yang disediakan oleh google
adwords pada menu utama.
5. Masukkan kata kunci yang tertarget sesuai dengan produk yang Anda jual
Masukkan kata kunci yang dibidik di bagian headline dan deskripsi iklan.
Google
akan mencetak tebal kata kunci untuk ‘searched keyword’. Ketika orang
membaca hasil pencarian, mereka akan melihat kata kunci yang mereka
masukkan. Kata kunci yang dicetak tebal membantu menarik perhatian
pembaca. Karena itu iklan dengan ‘searched keyword’ biasanya tampil
lebih baik dari yang bukan.
6. Masukkan kata-kata yang menarik perhatian
Mulai
headline/judul iklan dengan kata yang menarik perhatian. Misalnya,
‘gratis’, ‘baru’, ‘obral’, dan lain-lain. Pastikan menggunakan kata-kata
yang tidak melanggar aturan di google adwords
7. Gunakan kata-kata yang membangkitkan emosi/perasaan dan antusiasme
Gunakan
kata-kata yang punya kekuatan atau frasa yang mengundang tindakan yang
membangkitkan emosi, antusiasme dan respon orang untuk mengklik iklan
google adwords milik Anda.
Misalnya : gratis, murah, obral,
penawaran khusus, penawaran terbatas, trik, tips, belajar, terakhir,
kirim gratis, dan sebagainya. Pastikan frasa tersebut memang sesuai
dengan bisnis anda.
Untuk bahan perbandingan, amati iklan google
adwords yang sudah ada, dan rasakan bedanya saat membaca berbagai macam
iklan tersebut.
8. Jual USP (unique selling proposition)
Apa yang membuat produk atau servis anda lebih baik atau berbeda dari pesaing anda?
Anda
harus menyebutkan dalam iklan google adwords. Misalnya: ‘Modem
Termurah’, ‘Handphone Terbaru’, “Cara termudah, Resep Nasi Goreng
Spesial…’ dan sebagainya sehingga iklan google adwords Anda berbeda
dengan pesaing!
9. Tautkan ke halaman yang relevan
SANGAT PENTING!
Jika
suatu iklan dibuat untuk produk atau jasa tertentu, ciptakan halaman
situs (landing pages situs) dengan informasi yang relevan sesuai dengan
apa yang Anda iklankan.
Banyak temen-temen selalu bertanya, “Kok iklannya nggak muncul…kenapa dapat biddingnya mahal, dll.. ?
Jawabannya
ya itu, antara iklan, kata kunci/keyword dan isi halaman Landing Page
yang anda tuliskan (URL Destinations) HARUS RELEVAN.
Contoh : kata kunci yang Anda tembak misalnya; “discount baju anak”
Seharusnya
iklan Anda juga memuat/memberi penjelasan tt program discount baju
anak, dimana halaman arahannya juga harus berisi penjelasan informasi
tentang harga discount baju anak yang anda iklankan.
Jangan
terbalik, iklannya tentang menawarkan BAJU ANAK MURAH tapi halaman
website yang Anda promosikan tidak ada sama sekali penjelasan tentang
BAJU ANAK DENGAN HARGA MURAH tsb
Mudah-mudahan bisa lebih mengerti ya dalam membuat iklan di google adwords
10. Buang atau hindari pemakaian kata-kata umum
Hindari
menggunakan kata-kata umum yang tidak penting atau tidak mempunyai
kekuatan seperti kata depan ‘sebuah, di, pada dan sebagainya.
Buang kata-kata yang tidak seharusnya ada dalam iklan.
Cantumkan
yang berpotensi menimbulkan reaksi untuk bertindak, seperti misalnya
“Pesen Sekarang, Khusus Hari Ini Saja…Hanya Tersedia 10 item, dll”
11. Hindari pengunjung yang hanya memburu barang gratisan
Untuk mendapatkan konsumen yang potensial, kita harus menghindari para pemburu barang gratisan.
Hal
ini bisa dilakukan dengan menyebutkan harga produk atau jasa di bagian
akhir iklan. Ini akan mengurangi CTR, tapi tidak apa-apa karena memang
kita tidak menarget pemburu barang gratisan.
Yang harus diingat
adalah bahwa iklan itu merupakan serangkaian yang tak ada habisnya. Jadi
jangan lupa untuk selalu mengamati dan melacak iklan google adwords
yang sedang berjalan. Coba dengan kata kunci dan kalimat yang berbeda
beda untuk meningkatkan rasio konversi iklan Anda.
Sumber: http://kayadaribisnisinternet.com/2012/tips-menggunakan-google-adwords.html
0 komentar:
Posting Komentar