Kamis, 06 September 2012

6 Tips Handal Agar Anchor Text Anda Terlihat Natural di Mata Google

Anchor text (link text) adalah teks yang digunakan untuk melink ke suatu halaman blog/situs. Sebelum Google Panda, perannya sangat penting dalam mempengaruhi peringkat hasil pencarian. Dengan kata lain, bila kita hendak meningkatkan posisi blog kita, maka kita mencari backlink sebanyak-banyaknya dengan anchor text berupa kata kunci yang dibidik.
Namun, hal ini sudah tidak berlaku. Blog Anda akan masuk radar Google bila saat link building Anda menggunakan anchor text yang sama. Besar kemungkinan posisi blog Anda akan turun, dan bahkan masuk Google Sanbox.
Mengapa ini bisa terjadi? Faktor utamanya adalah anchor text Anda tidak alamiah sehingga Anda disinyalir melakukan “trik kotor” dalam menaikkan posisi blog Anda.
Jika Anda tidak menginginkan hal tersebut, ikuti keenam tips berikut:
1. Gunakan penggalan anchor text
Jika Anda membidik kata kunci cheap auto insurance, maka Anda bisa memenggalnya menjadi cheap insurance dan auto insurance.
2. Gunakan kombinasi penggalan anchor text
Penggalan anchor text bisa Anda kombinasikan dengan kata lain. Misal, kombinasi penggalan anchor text auto insurance di atas bisa berupa best auto insurance dan auto insurance deals.

3. Gunakan sinonim anchor text
Sinonim anchor text adalah persamaan pengertian antara dua anchor text atau lebih. Sebagai contoh, jika Anda membidik kata kunci cheap auto insurance, maka sinonim yang bisa Anda gunakan adalah:

  • inexpensive car insurance
  • less expensive automobile insurance
  • low cost insurance for your car
  • cheap vehicle insurance
Google mampu mendeteksi sinonim-sinonim di atas karena relavan dengan cheap auto insurance.
4. Gunakan anchor text umum
Anchor text umum berupa click here dan read more (dalam bahasa Indonesia, klik di sini dan baca lebih lanjut). Ini bertentangan dengan saran-saran para master SEO dulu. Namun, sepanjang ditempatkan pada artikel yang relevan dengan kata kunci yang dibidik, anchor text umum akan dipandang relevan oleh Google.
5. Gunakan URL
Jika blog Anda masih baru, maka gunakan URL blog Anda sebagai anchor text. Ini memberikan sinyal kepada Google bahwa link ke blog Anda alamiah.
6. Gunakan nama domain dan nama blog Anda
Seperti halnya penggunaan URL, penggunaan nama domain dan nama blog Anda sebagai anchor text akan bagus untuk meningkatkan posisi blog baru.
Terlepas dari itu, keenam tips di atas selalu saya gunakan dalam meningkatkan posisi niche blog yang saya miliki. Hasilnya sangat efektif dan bahkan tidak terduga (masuk ke halaman 1 Google untuk kata kunci yang jumlah pencarian bulanannya lebih banyak daripada jumlah pencarian bulanan kata kunci utama yang dibidik).

Sumber: http://www.blogodolar.com/anchor-text-alami/

0 komentar:

Posting Komentar