Anda
tidak bisa menghindari dari perilaku konsumen masyarakat kita yang
sering menawar setiap produk yang Anda jual. Sama juga ketika Anda
menjadi pembeli, maka Anda pun akan melakukan hal yang sama seperti
orang lain yang menawar produk yang ditawarkan penjualnya. Tidak usah
heran, itu manusiawi. Karena hukumnya bahwa setiap pembeli akan meminta
harga yang lebih cocok dengan kantongnya.
Bila Anda seorang pengusaha, maka menjual produk yang Anda miliki adalah salah satu keharusan supaya Anda memilki added value dari
modal yang Anda sudah investasikan. Sebagai penjual maka Anda akan
melakukan negosiasi dengan pembelinya. Bagaimana cara menghadapi pembeli
yang selalu berkeinginan untuk menawar produk Anda?
Berikut tips praktis yang bisa Anda pakai setiap Anda melakukan transaksi penjualan:
1. Anda harus benar-benar menguasai produk yang Anda jual. Kelebihan
dan kekurangaan produk itu bila Anda sudah kuasai dengan baik maka akan
memudahkan Anda menggiring apa kemauan dan kemampuan konsumen kepada apa
yang Anda kehendaki.
2. Gali potensi dan kebutuhan calon konsumen. Kemudiaan Anda arahkan
supaya produk yang Anda tawarkan itu bisa menjadi alternatif membantu
memenuhi kebutuhannya.
3. Gunakan selalu tutur kata yang baik dan sopan, body language yang proposional, dan ketulusan Anda mendalam untuk membantu memenuhi kebutuhannya.
4. Yakinkan bahwa produk yang Anda tawarkan itu sangat penting dan sangat berarti bagi konsumen.
5. Jadilah Anda selalu orang yang bisa dipercaya. Anda harus bisa
memegang komitmen dengan baik dan menjalankan komitmen itu seperti yang
sudah direncanakan.
6. Bila memenuhi kendala atau masalah dalam hal sudah terjadi
komitmen dengan pembeli/pelanggan maka Anda harus terus terang dan
mempertanggung jawabkan segala resiko yang mungkin akan timbul dengan
semestinya.
7. Carilah selalu titik temu yang optimum dalam setiap negosiasi yang
Andaa jalankan dengan konsumen Anda, supaya dia puas Anda juga puas.
8. Hindari menjual didasarkan atas belas kasihan pembelinya. Di sini
Anda harus mengarahkan pembeli pada satu keputusan membeli secara
rasioanal, bukan atas dasar belas kasihan.
9. Selalulah Anda melayani dengan sesempurna mungkin supaya pelanggan
akan sangat bergantung dengan Anda. Yang ini harus dilakukan
seproposional mungkin.
Poin-poin itu pasti akan sangat bermanfaat dan akan Anda jumpai
setiap saat dalam melakukan transaksi penjualan, apa pun produk Anda.
Diolah dari berbagai sumber
Sumber gambar: http://wb7.itrademarket.com/pdimage/39/1446939_salaman.jpg
0 komentar:
Posting Komentar