Ketika kita menjual sebuah produk di pasaran,
sering kita temukan berbagai macam karakter konsumen. Ada konsumen yang
cukup konsumtif, sehingga mereka lebih mudah untuk memutuskan membeli
sebuah produk. Tetapi ada pula sebagian konsumen yang cukup kritis dan
selalu mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya mereka membeli
produk tersebut. Hal ini tentu menjadi tantangan besar bagi Anda para
pelaku usaha, karena sebagai pemasar Anda dituntut untuk bisa
menciptakan strategi penjualan yang menarik bagi semua konsumen.
Meskipun para pengusaha sering merencanakan berbagai strategi pemasaran
untuk meningkatkan penjualan produknya, namun tak jarang sebagian dari
mereka masih mengalami kegagalan dalam proses pelaksanaannya. Kondisi
ini tentunya membuat produk yang mereka tawarkan kurang diminati
konsumen, dan tenggelam ditengah persaingan pasar. Pastinya ini sangat
merugikan para pelaku usaha, mengingat gagalnya penjualan produk sama
halnya menutup peluang bagi para pengusaha untuk mendapatkan omset besar
setiap bulannya. Lalu, sebenarnya apa saja penyebab kegagalan dalam penjualan produk?
Berikut kami informasikan beberapa faktor yang menyebabkan konsumen tidak membeli produk Anda.
1. Penetapan harga produk yang tidak sesuai
Bisa dipastikan dalam membeli sebuah produk, faktor utama yang
menjadi bahan pertimbangan konsumen adalah harga produk tersebut. Oleh
sebab itu sesuaikan harga yang diberikan dengan target pasar yang telah
Anda tentukan. Jika target pasar Anda rata-rata masyarakat menengah
kebawah, maka utamakan untuk memberikan harga yang sedikit miring.
Namun, jika sasaran pasar Anda masyarakat menengah keatas maka harga
yang Anda tawarkan bisa sedikit lebih mahal, asalkan kualitas produk
yang ditawarkan sesuai dengan harga yang diberikan.
2. Penyampaian info produk yang kurang jelas
Penyampaian informasi yang kurang jelas, membuat konsumen tidak
tertarik membeli produk Anda. Karena itu sampaikan segala informasi
produk Anda dengan jelas, baik info tentang manfaat yang diberikan dari
produk tersebut, sampai cara pemakaiannya. Bila perlu cantumkan pula
kelebihan dan kelemahan yang dimiliki produk Anda, dengan begitu
konsumen tidak takut salah membeli produk.
3. Produk Anda kurang dibutuhkan konsumen
Salah satu faktor yang menjadi keberhasilan penjualan produk adalah
besarnya tingkat kebutuhan konsumen akan produk tersebut. Jika produk
Anda kurang dibutuhkan konsumen, bisa dipastikan volume penjualannya
juga akan sangat kurang. Karena itu, sebelum menjual sebuah produk
tentukan terlebih dulu produk yang banyak dibutuhkan oleh target pasar Anda. Hal ini akan mempermudah produk Anda diterima oleh pasar yang Anda bidik.
4. Kepercayaan konsumen yang masih sangat kurang
Sebagai pelaku bisnis baru, tidak mudah bagi Anda untuk membuat
konsumen mempercayai produk yang ditawarkan. Oleh karena itu hal pertama
yang harus Anda lakukan yaitu mengadakan kegiatan branding untuk
mengenalkan produk Anda kepada para konsumen, dan menawarkan sebuah
nilai lebih untuk membangun looyalitas para konsumen. Semakin besar
keuntungan yang diperoleh konsumen dari produk Anda, maka semakin besar
pula kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.
5. Kualitas produk yang kurang bagus
Bila produk yang ditawarkan kurang bagus, bisa dipastikan konsumen
pun akan enggan membeli produk tersebut. Bagaimanapun juga kualitas
produk lebih penting daripada kuantitasnya. Walaupun sebagai pengusaha
Anda ingin mendapatkan keuntungan besar, namun jangan pernah mengurangi
kualitas produk untuk mendapatkan keuntungan. Karena konsumen saat ini
semakin cerdas, dan bisa membedakan mana produk yang benar-benar
berkualitas dan mana produk yang tidak berkualitas. Jangan sampai produk
Anda tersingkir dari pasaran, karena kualitas yang tidak terjaga.
Sementara, ini dulu cara pemasaran
yang bisa kami informasikan, semoga tulisan kami bisa membantu para
pelaku usaha untuk memasarkan produknya dan memberikan manfaat bagi para
pembaca pada umumnya. Semoga berhasil dan salam sukses.
Sumber gambar :
http://www.dankerizer.com/wp-content/uploads/2011/01/buy-sell-websites.jpg
dan
http://www.millionairebusinessschool.com.my/wp-content/uploads/2010/08/marketing.jpeg
0 komentar:
Posting Komentar